Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai Madia Akulturasi Kebudayaan

Authors

  • Imam Syarbini Universitas Bondowoso, Indonesia Author
  • M Jali Author
  • Wedi Samsudi Author

Keywords:

Maulid Nabi Muhammad, Media , akulturasi, budaya

Abstract

perayaan Maulid di Probolinggo  yaitu memajang  berbagai buah di halaman masjid kemudian diperebutkan saat pembacaan shalawat Nabi, di sisi lain, mirip acara grebeg maulid di Yokyakarta.. Dalam   penelitian  ini,  penulis  menggunakan  pendekatan  penelitian studi  kasus  yang  mana  peneliti  mengadakan penelitian secara intensif, perinci dan  mendalam terhadap variabel  atau  gejala tertentu. Studi  kasus  digunakan untuk kasus di masyarakat yang unik dan menarik. Dalam  penelitian ini peneliti  juga  ingin  mengetahui dan mempelajari kasus• kasus  yang  terjadi  dan  telah  menjadi  fokus  penelitian ini. Dari  studi  kasus  ini akan dihasilkan suatu  gambaran hasil  penelitian yang  mendalam dan  lengkap  sehingga dalam  informasi  yang disampaikan tampak hidup sebagaimana adanya  dan  pelaku mendapat tempat  untuk memainkan perannya.. Pendekatan studi  kasus  ini, penulis  gunakan, karena  perayaan Maulid  kali ini unik menampilkan   keragaman   budaya,    seolah-olah   akulturasi    kebudayaan. Dikatakan  unik,   karena  tahun-tahun  sebelumnya  tidak   ada.  Keunikan   tersebut tercermin dari  cara  masyarakat  menghias berkat  dengan  berbagai  buah  dengan di bentuk  parsel,   memajang  berbagai   buah   di halaman  masjid,   setelah   pembacaan shalawat masyarakat saling  berebut buah,  model shalawatannya ala  habib  Syeikh dan   sekali-kali   ala  Wali  sanga,   musik   gamelan.  Syiamya  "Nada  dan   Dakwah" ceramah  diselingi  Shalawat.

References

"Rasulullah Teladan Teragung" dalam Tanwrul Ajkar, Edisi khusus, Ahad, 5 juli 1998

Amiruddin dan Zainal Asikin (2010), Pengantar Metode Penelitian Hukum , Jakarta: Rajawali Pers.

Bik, Muhammad Hudhari (1981 ), Tarikh Tasyri' al-Islami, Indonesia: Maktabah Dar al• Ihya' al-Arabi.

Didi Junaidi, "Memahami Teks, Melahirkan Konteks; Menelisik Interpretasi Ideologis Jamaah Tabligh" dalam Journal Ofal-Qur'an and Hadith Stadies, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Vol. 2, No. 1 2013:

Hilmy, Mardar dan Muzakki, Akh. (2005), Dinamika Baru Studi Islam, Surabaya: Arkola.

M. Nasir MH (2011), Katanya Bid 'ah Ternyata Sunnah (Semarang: Syiar Media Publising.

Moleong, Lexy J. (2002), Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nawawi, (2020), Rasionalitas Tradisi Islam Nusantara, Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Sirri, Mun'im A.( 1995), Sejarah Fiqh Islam: Sebuah Pengantar, Surabaya: Risalah Gusti,. Soekanto, Soejono (1986), Pengantar Penelitian Hukum, Jakarta: UI Press.

Suryabrata, Sumadi (2002), Metode Penelitian, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tim Redaksi, (2008) Kamus Bahasa Indonesia, (Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional,

Hosaini, H., Kandiri, K., Minhaji, M., & Alehirish, M. H. M. (2024). Human Values Based on Pancasila Viewed from Islamic Education. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(2), 539-549.

Arifin, S., Chotib, M., Rahayu, N. W. I., Hosaini, H., & Samsudi, W. (2024). Kiai's Transformative Leadership in Developing an Organizational Culture of Islamic Boarding Schools: Multicase Study. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(2), 2608-2620.

Qomar, M., & Fitri, A. Z. (2024). Innovative Learning Strategies for Islamic Religious Education Based on Merdeka Belajar Curriculum in Vocational High Schools. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(3), 966-981.

Hosaini, H., Rif’ah, R. A., & Muslimin, M. (2024). Integration Of Formal Education And Islamic Boarding Schools As New Paradigm From Indonesian Perspective. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 10(1), 107-121.

Hosaini, H., Ni’am, S., & Khamami, A. R. (2024). Navigating Islamic Education for National Character Development: Addressing Stagnation in Indonesia's Post-Conservative Turn Era. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 14(1), 57-78.

Fitri, A. Z. (2024). Evaluation, Supervision, and Control (ESC) Strategies in Student Drop-Out Management in Islamic Higher Education. Power System Technology, 48(1), 1589-1608.

Agustin, Y. D., Hosaini, H., & Agustin, L. (2020). Analysis of the impact of early marriage on adolescent reproductive health based on health perspectives and Islamic religion. UNEJ e-Proceeding, 103-107.

Hosaini, H., Hamzah, H., Efendi, M. Y., Simbolon, N. Y., & Sutiapermana, A. (2024). Tawheed-Based Pedagogy: Empowering Islamic Education Through Community Engagement And Pesantren Tradition. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 844-852.

Hosaini, H., Manan, M. A., & Isnanto, D. (2023). Analisis Kinerja Guru Profesional Sertifikasi terhadap Kegiatan Pendidikan di Lingkungan Pondok Pesantren. Attractive: Innovative Education Journal, 5(3), 123-128.

Hosaini, H., Kholida, S., & Hadi, A. (2023). Pengembangan Pembelajaran PAI dengan CTL Untuk Mengurangi Kenakalan Siswa Di SDN 1 Banyuputih. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 2(1), 76-98.

Hosaini, H., Zikra, A., Readi, A., & Adhim, F. (2022). Solidaritas Sosial dalam Khataman Al-Qur’an Virtual antar Negara (Studi Fenomenologi pada Tradisi Kegiatan Virtual Tenaga Kerja Indonesia Mancanegara). JOURNAL OF QUR'AN AND HADITH STUDIES, 11(1), 87-104.

Hosaini, H., Fitri, A. Z., Kojin, K., & Alehirish, M. H. M. (2024). The Dynamics of the Islamic Education System in Shaping Character. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 19(1), 79-98.

Hosaini, H., & Akhyak, A. (2024). Integration of Islam and Science in Interdisciplinary Islamic Studies. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 9(1), 24-42.

Maryam, S. (2024). Strategies of implementation of education technology in madrasah. International Journal of Teaching and Learning, 2(6), 1466-1477.

Hosaini, H., Zainuddin, Z., Halim, A., Tawil, M. R., & Ifadhila, I. (2024). LEADERSHIP COLLABORATION AND PROFESSIONAL ETHICS BETWEEN TEACHERS. INTERNATIONAL JOURNAL OF SOCIETY REVIEWS, 2(2), 460-471.

Hosaini, H., Ni'am, S., & Mahtum, R. (2023, December). Penguatan Nial-Nilai Moderasi Melalui Konsep Islam Rahmatan Lil Alamin di Era Four Point Zero. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (Vol. 7, No. 1, pp. 85-93).

Cahyono, C., Judijanto, L., Hutahaean, E. S. H., Nisa, U. W., Mulyadi, M., & Hosaini, H. (2024). Pesantren Education as Indonesia's Indigenous Heritage: Nurturing Moral Education in the Digital Era. At-Ta'dib, 19(1), 177-193.

Safitri, M. N., Heryandi, M. T., Muzammil, M., Waziroh, I., Hosaini, H., & Arifin, M. S. (2022). Menanamkan Nilai Nilai Qur'ani dalam Membangun Karakter Santri. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 6(2), 40-52.

Fikro, M. I. (2021). Negara Indonesia Persfektif Islam: Sebagai Bentuk Penguatan Wawasan Kebangsaan. Moderasi: Journal of Islamic Studies, 1(2), 165-181.

Kurniawan, S. (2020). Implikasi Ekstra Kurikuler Terhadap Pendidikan Agama Islam. Nusantara Journal of Islamic Studies, 1(1), 66-73.

Minhaji, M., Hosaini, H., Prasetiyo, N. T., Maktumah, L., & Alehirish, M. H. M. (2024). Responsive Islamic Education in Exploring Social Values Through the War Takjil Phenomenon: Sociological Perspective in Indonesia. Jurnal Indo-Islamika, 14(1), 51-61.

Agustin, L., Rahayu, L. P., Hosaini, H., Agustin, Y. D., & Utami, C. B. (2022). Penyuluhan Kesehatan Reproduksi pada Remaja dalam Perspektif Kesehatan dan Hukum. DEDICATION: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 16-21.

Pathollah, A. G., & Hosaini, H. (2023). Aktualisasi Panca Kesadaran Santri dalam Moderasi Islam Pendidikan Pesantren. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 7(1), 79-98.

Maktumah, L., Minhaji, M., & Hosaini, H. (2023). Manajemen Konflik: Sebuah Analisis Sosiologis dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 684-699.

Supriadi, S., Hosaini, H., & Sain, Z. H. (2024). Transformation of literacy-based Islamic education learning management integration in elementary schools. International Journal of Social Learning (IJSL), 5(1), 294-304.

Hosaini, H., Qomar, M., Kojin, K., & Sibilana, A. R. (2024). Integration of School Curriculum and Islamic Boarding Schools in Preparing the Golden Generation with holistic intelligence. In SHS Web of Conferences (Vol. 205, p. 03001). EDP Sciences.

Qomar, M., & Badruzaman, A. (2024). Optimizing Learning Design for Islamic Religious Education in Islamic Boarding Schools: Efforts to Increase the Intelligence and Academic Quality of Students. Attanwir: Jurnal Keislaman dan Pendidikan, 15(2), 152-165.

Hosaini, H., Qomar, M., & Kojin, K. (2024, October). Entrepreneurship Learning Design Based on Tasawuf: Islamic Boarding School Innovation in The Digital Era. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (Vol. 8, No. 1, pp. 144-156).

Downloads

Published

2021-10-21

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.