MENINGKATKAN KEWASPADAAN MASYARAKAT DENGAN POLA HIDUP SEHAT MELALUI PENCEGAHAN COVID 19 DESA MAIBIT KECAMATAN RENGEL KABUPATEN TUBAN

Authors

  • Hosaini Universitas Bondowoso image/svg+xml Author
  • Rinwanto Rinwanto Author
  • Amilatus Syarifah Author
  • Maratus Sholohah Author
  • Siti Khoiriyah Author

Keywords:

kewaspadaan masyarakat, pola hidup sehat, pencegahan covid-19

Abstract

COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus korona, Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) orang dapat tertular COVID-19 dari orang lain yang memiliki virus. Penyakit ini dapat menyebar dari orang ke orang melalui tetesan kecil dari hidung atau mulut yang menyebar saat penderita COVID-19 batuk atau mengeluarkan napas. Tetesan ini mendarat pada objek dan permukaan di sekitar orang tersebut. Namun ada cara untuk mencegah penularan virus corona tersebut, seperti dengan cara melakukan pola hidup sehat, tidak cukup sulit untuk menerapkan pola hidup sehat, namun di tengah kondisi saat ini belum semua masyarakat dapat menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, seperti halnya pada masyarakat Desa Maibit Kecamtan Rengel Kabupaten Tuban sebagian masyarakat desa masih minim dalam memahami adanya virus corona tersebut apalagi dalam pencegahannya. Hal sangat membahayakan masyarakat jika tidak adanya kegiatan sosialisasi dan kesadaran masyarakat dalam penanganan covid 19. Oleh karena itu, peneliti menganggap perlu adanya pendampingan supaya masyarakat dapat memahami dan menerapkan pola hidup sehat dalam upaya untuk pencegahan covid 19. Penelitian pengabdian ini menggunakan metode PRA (Participatory Rural Appraisal. Dalam hal ini, peneliti bekerja sama dengan perangkat Desa Maibit. Hasil dari penelitian pengabdian ini adalah setelah adanya kegiatan pencegahan covid-19 mampu meningkatkan kewaspadaan masyarakat yang semula rendah kesadaran terhadap bahaya covid-19 menjadi sadar dengan menerapkan pola hidup sehat.

References

Yuliana. 2020. Coronavirus Diseasis (COVID 19): Sebuah Tinjauan Literatur. Wellness and Healthy Magazine,2(1), pp. 187-92

Yun, et al. 2020. Laboratory Data Analysis of Novel Coronavirus (COVID 19) Screening in 2510 Patients. Clinica Chimica Acta, 507, pp. 94-7

Keputusan Menteri Ksehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/413/2020. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID 19)

Sarosa, Samiaji. 2012. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Indeks

Sugiono. 2005. Memahami Penelitian. Bandung: CV Alfabeta

Sumber Wawancara

wahyu, Wawancara Tokoh Masyarakat, di Desa Maibit Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban pada tanggal 3 Agustus 2020

Surati. wawancara warga rt 05 rw 02, Desa Maibit Kecamatan Rengel Tuban pada tanggal 30 Agustus 2020

Satari. Wawancara ketua RT 05, RW 02 Desa Maibit Kecamatan Rengel Tuban pada tanggal 1 Agustus 2020

Hosaini, H., Kandiri, K., Minhaji, M., & Alehirish, M. H. M. (2024). Human Values Based on Pancasila Viewed from Islamic Education. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(2), 539-549.

Arifin, S., Chotib, M., Rahayu, N. W. I., Hosaini, H., & Samsudi, W. (2024). Kiai's Transformative Leadership in Developing an Organizational Culture of Islamic Boarding Schools: Multicase Study. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(2), 2608-2620.

Qomar, M., & Fitri, A. Z. (2024). Innovative Learning Strategies for Islamic Religious Education Based on Merdeka Belajar Curriculum in Vocational High Schools. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(3), 966-981.

Hosaini, H., Rif’ah, R. A., & Muslimin, M. (2024). Integration Of Formal Education And Islamic Boarding Schools As New Paradigm From Indonesian Perspective. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 10(1), 107-121.

Hosaini, H., Ni’am, S., & Khamami, A. R. (2024). Navigating Islamic Education for National Character Development: Addressing Stagnation in Indonesia's Post-Conservative Turn Era. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 14(1), 57-78.

Fitri, A. Z. (2024). Evaluation, Supervision, and Control (ESC) Strategies in Student Drop-Out Management in Islamic Higher Education. Power System Technology, 48(1), 1589-1608.

Agustin, Y. D., Hosaini, H., & Agustin, L. (2020). Analysis of the impact of early marriage on adolescent reproductive health based on health perspectives and Islamic religion. UNEJ e-Proceeding, 103-107.

Hosaini, H., Hamzah, H., Efendi, M. Y., Simbolon, N. Y., & Sutiapermana, A. (2024). Tawheed-Based Pedagogy: Empowering Islamic Education Through Community Engagement And Pesantren Tradition. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 844-852.

Hosaini, H., Manan, M. A., & Isnanto, D. (2023). Analisis Kinerja Guru Profesional Sertifikasi terhadap Kegiatan Pendidikan di Lingkungan Pondok Pesantren. Attractive: Innovative Education Journal, 5(3), 123-128.

Hosaini, H., Kholida, S., & Hadi, A. (2023). Pengembangan Pembelajaran PAI dengan CTL Untuk Mengurangi Kenakalan Siswa Di SDN 1 Banyuputih. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 2(1), 76-98.

Hosaini, H., Zikra, A., Readi, A., & Adhim, F. (2022). Solidaritas Sosial dalam Khataman Al-Qur’an Virtual antar Negara (Studi Fenomenologi pada Tradisi Kegiatan Virtual Tenaga Kerja Indonesia Mancanegara). JOURNAL OF QUR'AN AND HADITH STUDIES, 11(1), 87-104.

Hosaini, H., Fitri, A. Z., Kojin, K., & Alehirish, M. H. M. (2024). The Dynamics of the Islamic Education System in Shaping Character. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 19(1), 79-98.

Hosaini, H., & Akhyak, A. (2024). Integration of Islam and Science in Interdisciplinary Islamic Studies. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 9(1), 24-42.

Maryam, S. (2024). Strategies of implementation of education technology in madrasah. International Journal of Teaching and Learning, 2(6), 1466-1477.

Hosaini, H., Zainuddin, Z., Halim, A., Tawil, M. R., & Ifadhila, I. (2024). LEADERSHIP COLLABORATION AND PROFESSIONAL ETHICS BETWEEN TEACHERS. INTERNATIONAL JOURNAL OF SOCIETY REVIEWS, 2(2), 460-471.

Hosaini, H., Ni'am, S., & Mahtum, R. (2023, December). Penguatan Nial-Nilai Moderasi Melalui Konsep Islam Rahmatan Lil Alamin di Era Four Point Zero. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (Vol. 7, No. 1, pp. 85-93).

Cahyono, C., Judijanto, L., Hutahaean, E. S. H., Nisa, U. W., Mulyadi, M., & Hosaini, H. (2024). Pesantren Education as Indonesia's Indigenous Heritage: Nurturing Moral Education in the Digital Era. At-Ta'dib, 19(1), 177-193.

Safitri, M. N., Heryandi, M. T., Muzammil, M., Waziroh, I., Hosaini, H., & Arifin, M. S. (2022). Menanamkan Nilai Nilai Qur'ani dalam Membangun Karakter Santri. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 6(2), 40-52.

Fikro, M. I. (2021). Negara Indonesia Persfektif Islam: Sebagai Bentuk Penguatan Wawasan Kebangsaan. Moderasi: Journal of Islamic Studies, 1(2), 165-181.

Kurniawan, S. (2020). Implikasi Ekstra Kurikuler Terhadap Pendidikan Agama Islam. Nusantara Journal of Islamic Studies, 1(1), 66-73.

Minhaji, M., Hosaini, H., Prasetiyo, N. T., Maktumah, L., & Alehirish, M. H. M. (2024). Responsive Islamic Education in Exploring Social Values Through the War Takjil Phenomenon: Sociological Perspective in Indonesia. Jurnal Indo-Islamika, 14(1), 51-61.

Agustin, L., Rahayu, L. P., Hosaini, H., Agustin, Y. D., & Utami, C. B. (2022). Penyuluhan Kesehatan Reproduksi pada Remaja dalam Perspektif Kesehatan dan Hukum. DEDICATION: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 16-21.

Pathollah, A. G., & Hosaini, H. (2023). Aktualisasi Panca Kesadaran Santri dalam Moderasi Islam Pendidikan Pesantren. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 7(1), 79-98.

Maktumah, L., Minhaji, M., & Hosaini, H. (2023). Manajemen Konflik: Sebuah Analisis Sosiologis dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 684-699.

Supriadi, S., Hosaini, H., & Sain, Z. H. (2024). Transformation of literacy-based Islamic education learning management integration in elementary schools. International Journal of Social Learning (IJSL), 5(1), 294-304.

Hosaini, H., Qomar, M., Kojin, K., & Sibilana, A. R. (2024). Integration of School Curriculum and Islamic Boarding Schools in Preparing the Golden Generation with holistic intelligence. In SHS Web of Conferences (Vol. 205, p. 03001). EDP Sciences.

Qomar, M., & Badruzaman, A. (2024). Optimizing Learning Design for Islamic Religious Education in Islamic Boarding Schools: Efforts to Increase the Intelligence and Academic Quality of Students. Attanwir: Jurnal Keislaman dan Pendidikan, 15(2), 152-165.

Hosaini, H., Qomar, M., & Kojin, K. (2024, October). Entrepreneurship Learning Design Based on Tasawuf: Islamic Boarding School Innovation in The Digital Era. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (Vol. 8, No. 1, pp. 144-156).

Downloads

Published

2024-10-21

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.