Deteksi Dini Kesehatan Jiwa di Wilayah Kerja Puskesmas se- Kabupaten Bondowoso
Keywords:
Deteksi dini,Kesehatan jiwa,ODGJ,PosyanduAbstract
Dewasa ini,orang dengan gangguan jiwa ( ODGJ ) seperti fenomena gunung es,artinya tidak tampak terlalu mendetail dan mendalam. Jawa Timur masuk dalam propinsi dengan angka ODGJ terbanyak nomor 2 di Indonesia( Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur,2013 ), maka deteksi dini kesehatan jiwa di masyarakat khususnya pada ODGJ di Kabupaten Bondowoso perlu dilakukan . Program Studi D3 Keperawatan Universitas Bondowoso bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso melakukan deteksi dini kesehatan jiwa selama 1 bulan.Metoda yang digunakan melalui data dari Puskesmas dan dari Kepala Desa,dilanjutkan deteksi dini langsung ke masyarakat . Jumlah sasaran adalah seluruh Puskesmas di Kabupaten Bondowoso yaitu sebanyak 25 Puskesmas . Hasil Deteksi dini kesehatan jiwa adalah Jumlah ODGJ sebanyak 604 orang dan terbanyak berada di wilayah kerja Puskesmas Wringin yaitu 75 orang ( 12% ) dan setiap wilayah puskesmas terdapat ODGJ . Bedasar hasil deteksi dini kesehatan jiwa, maka perlu program penanganan ODGJ yang komprehensif melalui posyandu kesehatan jiwa di Kabupaten Bondowoso.
References
Budiman. (2010). Jumlah Gangguan Jiwa. http://www.suarabandung.com. diakses pada tanggal 9 Agustus 2018.
Djamaludin. (2010). Buku ajar keperawatan jiwa. Jakarta: Salemba Medika.
Yosep. (2009). Keperawatan Jiwa. Edisi I. Jakarta : PT Refika Aditama.
Wahyu, S. (2012). Buku saku keperawatan jiwa. Yogyakarta: Nuha Medika.
Keliat, Ana Budi. (2010). Proses Keperawatan Jiwa. Jakarta : EGC
Hosaini, H., Kandiri, K., Minhaji, M., & Alehirish, M. H. M. (2024). Human Values Based on Pancasila Viewed from Islamic Education. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(2), 539-549.
Arifin, S., Chotib, M., Rahayu, N. W. I., Hosaini, H., & Samsudi, W. (2024). Kiai's Transformative Leadership in Developing an Organizational Culture of Islamic Boarding Schools: Multicase Study. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(2), 2608-2620.
Qomar, M., & Fitri, A. Z. (2024). Innovative Learning Strategies for Islamic Religious Education Based on Merdeka Belajar Curriculum in Vocational High Schools. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(3), 966-981.
Hosaini, H., Rif’ah, R. A., & Muslimin, M. (2024). Integration Of Formal Education And Islamic Boarding Schools As New Paradigm From Indonesian Perspective. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 10(1), 107-121.
Hosaini, H., Ni’am, S., & Khamami, A. R. (2024). Navigating Islamic Education for National Character Development: Addressing Stagnation in Indonesia's Post-Conservative Turn Era. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 14(1), 57-78.
Fitri, A. Z. (2024). Evaluation, Supervision, and Control (ESC) Strategies in Student Drop-Out Management in Islamic Higher Education. Power System Technology, 48(1), 1589-1608.
Agustin, Y. D., Hosaini, H., & Agustin, L. (2020). Analysis of the impact of early marriage on adolescent reproductive health based on health perspectives and Islamic religion. UNEJ e-Proceeding, 103-107.
Hosaini, H., Hamzah, H., Efendi, M. Y., Simbolon, N. Y., & Sutiapermana, A. (2024). Tawheed-Based Pedagogy: Empowering Islamic Education Through Community Engagement And Pesantren Tradition. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 844-852.
Hosaini, H., Manan, M. A., & Isnanto, D. (2023). Analisis Kinerja Guru Profesional Sertifikasi terhadap Kegiatan Pendidikan di Lingkungan Pondok Pesantren. Attractive: Innovative Education Journal, 5(3), 123-128.
Hosaini, H., Kholida, S., & Hadi, A. (2023). Pengembangan Pembelajaran PAI dengan CTL Untuk Mengurangi Kenakalan Siswa Di SDN 1 Banyuputih. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 2(1), 76-98.
Hosaini, H., Zikra, A., Readi, A., & Adhim, F. (2022). Solidaritas Sosial dalam Khataman Al-Qur’an Virtual antar Negara (Studi Fenomenologi pada Tradisi Kegiatan Virtual Tenaga Kerja Indonesia Mancanegara). JOURNAL OF QUR'AN AND HADITH STUDIES, 11(1), 87-104.
Hosaini, H., Fitri, A. Z., Kojin, K., & Alehirish, M. H. M. (2024). The Dynamics of the Islamic Education System in Shaping Character. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 19(1), 79-98.
Hosaini, H., & Akhyak, A. (2024). Integration of Islam and Science in Interdisciplinary Islamic Studies. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 9(1), 24-42.
Maryam, S. (2024). Strategies of implementation of education technology in madrasah. International Journal of Teaching and Learning, 2(6), 1466-1477.
Hosaini, H., Zainuddin, Z., Halim, A., Tawil, M. R., & Ifadhila, I. (2024). LEADERSHIP COLLABORATION AND PROFESSIONAL ETHICS BETWEEN TEACHERS. INTERNATIONAL JOURNAL OF SOCIETY REVIEWS, 2(2), 460-471.
Hosaini, H., Ni'am, S., & Mahtum, R. (2023, December). Penguatan Nial-Nilai Moderasi Melalui Konsep Islam Rahmatan Lil Alamin di Era Four Point Zero. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (Vol. 7, No. 1, pp. 85-93).
Cahyono, C., Judijanto, L., Hutahaean, E. S. H., Nisa, U. W., Mulyadi, M., & Hosaini, H. (2024). Pesantren Education as Indonesia's Indigenous Heritage: Nurturing Moral Education in the Digital Era. At-Ta'dib, 19(1), 177-193.
Safitri, M. N., Heryandi, M. T., Muzammil, M., Waziroh, I., Hosaini, H., & Arifin, M. S. (2022). Menanamkan Nilai Nilai Qur'ani dalam Membangun Karakter Santri. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 6(2), 40-52.
Fikro, M. I. (2021). Negara Indonesia Persfektif Islam: Sebagai Bentuk Penguatan Wawasan Kebangsaan. Moderasi: Journal of Islamic Studies, 1(2), 165-181.
Kurniawan, S. (2020). Implikasi Ekstra Kurikuler Terhadap Pendidikan Agama Islam. Nusantara Journal of Islamic Studies, 1(1), 66-73.
Minhaji, M., Hosaini, H., Prasetiyo, N. T., Maktumah, L., & Alehirish, M. H. M. (2024). Responsive Islamic Education in Exploring Social Values Through the War Takjil Phenomenon: Sociological Perspective in Indonesia. Jurnal Indo-Islamika, 14(1), 51-61.
Agustin, L., Rahayu, L. P., Hosaini, H., Agustin, Y. D., & Utami, C. B. (2022). Penyuluhan Kesehatan Reproduksi pada Remaja dalam Perspektif Kesehatan dan Hukum. DEDICATION: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 16-21.
Pathollah, A. G., & Hosaini, H. (2023). Aktualisasi Panca Kesadaran Santri dalam Moderasi Islam Pendidikan Pesantren. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 7(1), 79-98.
Maktumah, L., Minhaji, M., & Hosaini, H. (2023). Manajemen Konflik: Sebuah Analisis Sosiologis dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 684-699.
Supriadi, S., Hosaini, H., & Sain, Z. H. (2024). Transformation of literacy-based Islamic education learning management integration in elementary schools. International Journal of Social Learning (IJSL), 5(1), 294-304.
Hosaini, H., Qomar, M., Kojin, K., & Sibilana, A. R. (2024). Integration of School Curriculum and Islamic Boarding Schools in Preparing the Golden Generation with holistic intelligence. In SHS Web of Conferences (Vol. 205, p. 03001). EDP Sciences.
Qomar, M., & Badruzaman, A. (2024). Optimizing Learning Design for Islamic Religious Education in Islamic Boarding Schools: Efforts to Increase the Intelligence and Academic Quality of Students. Attanwir: Jurnal Keislaman dan Pendidikan, 15(2), 152-165.
Hosaini, H., Qomar, M., & Kojin, K. (2024, October). Entrepreneurship Learning Design Based on Tasawuf: Islamic Boarding School Innovation in The Digital Era. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (Vol. 8, No. 1, pp. 144-156).
 
						 
							











