PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN GREEN VILLAGE SEBAGAI UPAYA MENGURANGI DAMPAK GLOBAL WARMING
Keywords:
Pemanasan Global, Desa HijauAbstract
Pengembangan adalah suatu proses mendesain secara logis, dan sistematis dalam rangka untuk menetapkan segala sesuatu yang akan dilaksanakan dengan memperhatiakn potensi dan kopetensi masyarakat. Pengembangan juga dapat diartikan untuk memperkuat dan mengembangkan potensi masyarakat guna sebagai penunjang dalam kehidupan. Salah satu pengembangan adalah pengembangan green village dengan cara penanaman pohon secara serentak sebagai upaya mengurangi dampak pemanasan global. Melihat kondisi dan potensi masyarakat yang ada di Dusun Cottok Desa Sopet yang 80% berprofesi sebgai petani dan kurangnya kesadaran masyarakat untuk menciptakan lingkungan sehart, ramah, dan asri merupakan alasan untuk diadakannya penghijauan di Desa tersebut. Selain bertujuan untuk mengurangi pemnasan global penanaman pohon ini juga mampu meningkatkan taraf perekoomian masyarakat dengan perolehan hasil panen dari pohon yang ditanam. Dari hasil observasi dan wawancara terhadap masyarakat setempat yakni kurangnya minat masyarakat guna menjaga lingkungan agar tetap hijau dan nyaman untuk ditempati sehingga terjadi kegersangan yang bisa menyebabkan pemanasan global. Melihatkondisimasyarakat yang potensinya mayoritas pertanian, Sehingga menemukan suatu Program yang akan dilaksanakan yakni Green Village yang meliputi penanaman pohon dengan tujuan mengurangi dampak pemansan global, dan , meningakatkan taraf perekonomian di Dusun Cottok Desa Sopet.Serta memandu dan memberikan pemahaman terkait dengan bidang pertanian, menjaga kesehatan, dan menciptakan kenyamanan lingkungan
References
Ardiansyah, Noor Adri. ( 2013). Klimatologi Umum. Jakarta: UIN Jakarta Prees.
A’an J. Wahyudi. (2017). Menyerap Karbon: Layanan Ekosistim Pesisir Untuk Imitigasi Perubahan Iklim. Gadja Mada University Prees.
Kusminingrum, Nany. (2008). Poteni Tanaman Dalam Menyerap CO2 Dan CO Untuk Mengurangi Dampak PemanasanGlobal. Jurnal Permukiman. Vol.3 No.2
Kuswara, B., & Marta, N. (2016).Respon Media Pembibitan Terhadap Pertumbuhan Bibit Alpukat. Jurnal Untirta.Vol.22 No.5
Marhalim, M. (2015). Kontribusi Nilai Ekonomis Lahan Pekarangan Terhadap Ekonomi.
Nugroho, Bayu Dwi Apri. (2016). Fenomena Iklim Global , Perubahan Iklim, dan Dampaknya Di Indonesia. Gadja Mada University Prees.
Keman, Soedjajadi. (2007). Perubahan Iklim Global, Kesehatan Manusia dan Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Kesehatan Lingkungan, Vol.3 No.2
Kurnianingsih, A,.& Nusyirwan, E. D. S. (2013). Optimalisasi Lahan Pekarangan denagn Budidaya Tnaman Lidah Buaya Yang Berkhasiat Obat di Desa Purna Jaya Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Lir. Jurnal Pengabdian Sriwijaya.
Sumber Data Rangkuman kependudukan Pendataan Desa Sopet Kecamatan Jangkar Kabupaten Situbondo
Hosaini, H., Kandiri, K., Minhaji, M., & Alehirish, M. H. M. (2024). Human Values Based on Pancasila Viewed from Islamic Education. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(2), 539-549.
Arifin, S., Chotib, M., Rahayu, N. W. I., Hosaini, H., & Samsudi, W. (2024). Kiai's Transformative Leadership in Developing an Organizational Culture of Islamic Boarding Schools: Multicase Study. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(2), 2608-2620.
Qomar, M., & Fitri, A. Z. (2024). Innovative Learning Strategies for Islamic Religious Education Based on Merdeka Belajar Curriculum in Vocational High Schools. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(3), 966-981.
Hosaini, H., Rif’ah, R. A., & Muslimin, M. (2024). Integration Of Formal Education And Islamic Boarding Schools As New Paradigm From Indonesian Perspective. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 10(1), 107-121.
Hosaini, H., Ni’am, S., & Khamami, A. R. (2024). Navigating Islamic Education for National Character Development: Addressing Stagnation in Indonesia's Post-Conservative Turn Era. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 14(1), 57-78.
Fitri, A. Z. (2024). Evaluation, Supervision, and Control (ESC) Strategies in Student Drop-Out Management in Islamic Higher Education. Power System Technology, 48(1), 1589-1608.
Agustin, Y. D., Hosaini, H., & Agustin, L. (2020). Analysis of the impact of early marriage on adolescent reproductive health based on health perspectives and Islamic religion. UNEJ e-Proceeding, 103-107.
Hosaini, H., Hamzah, H., Efendi, M. Y., Simbolon, N. Y., & Sutiapermana, A. (2024). Tawheed-Based Pedagogy: Empowering Islamic Education Through Community Engagement And Pesantren Tradition. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 844-852.
Hosaini, H., Manan, M. A., & Isnanto, D. (2023). Analisis Kinerja Guru Profesional Sertifikasi terhadap Kegiatan Pendidikan di Lingkungan Pondok Pesantren. Attractive: Innovative Education Journal, 5(3), 123-128.
Hosaini, H., Kholida, S., & Hadi, A. (2023). Pengembangan Pembelajaran PAI dengan CTL Untuk Mengurangi Kenakalan Siswa Di SDN 1 Banyuputih. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 2(1), 76-98.
Hosaini, H., Zikra, A., Readi, A., & Adhim, F. (2022). Solidaritas Sosial dalam Khataman Al-Qur’an Virtual antar Negara (Studi Fenomenologi pada Tradisi Kegiatan Virtual Tenaga Kerja Indonesia Mancanegara). JOURNAL OF QUR'AN AND HADITH STUDIES, 11(1), 87-104.
Hosaini, H., Fitri, A. Z., Kojin, K., & Alehirish, M. H. M. (2024). The Dynamics of the Islamic Education System in Shaping Character. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 19(1), 79-98.
Hosaini, H., & Akhyak, A. (2024). Integration of Islam and Science in Interdisciplinary Islamic Studies. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 9(1), 24-42.
Maryam, S. (2024). Strategies of implementation of education technology in madrasah. International Journal of Teaching and Learning, 2(6), 1466-1477.
Hosaini, H., Zainuddin, Z., Halim, A., Tawil, M. R., & Ifadhila, I. (2024). LEADERSHIP COLLABORATION AND PROFESSIONAL ETHICS BETWEEN TEACHERS. INTERNATIONAL JOURNAL OF SOCIETY REVIEWS, 2(2), 460-471.
Hosaini, H., Ni'am, S., & Mahtum, R. (2023, December). Penguatan Nial-Nilai Moderasi Melalui Konsep Islam Rahmatan Lil Alamin di Era Four Point Zero. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (Vol. 7, No. 1, pp. 85-93).
Cahyono, C., Judijanto, L., Hutahaean, E. S. H., Nisa, U. W., Mulyadi, M., & Hosaini, H. (2024). Pesantren Education as Indonesia's Indigenous Heritage: Nurturing Moral Education in the Digital Era. At-Ta'dib, 19(1), 177-193.
Safitri, M. N., Heryandi, M. T., Muzammil, M., Waziroh, I., Hosaini, H., & Arifin, M. S. (2022). Menanamkan Nilai Nilai Qur'ani dalam Membangun Karakter Santri. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 6(2), 40-52.
Fikro, M. I. (2021). Negara Indonesia Persfektif Islam: Sebagai Bentuk Penguatan Wawasan Kebangsaan. Moderasi: Journal of Islamic Studies, 1(2), 165-181.
Kurniawan, S. (2020). Implikasi Ekstra Kurikuler Terhadap Pendidikan Agama Islam. Nusantara Journal of Islamic Studies, 1(1), 66-73.
Minhaji, M., Hosaini, H., Prasetiyo, N. T., Maktumah, L., & Alehirish, M. H. M. (2024). Responsive Islamic Education in Exploring Social Values Through the War Takjil Phenomenon: Sociological Perspective in Indonesia. Jurnal Indo-Islamika, 14(1), 51-61.
Agustin, L., Rahayu, L. P., Hosaini, H., Agustin, Y. D., & Utami, C. B. (2022). Penyuluhan Kesehatan Reproduksi pada Remaja dalam Perspektif Kesehatan dan Hukum. DEDICATION: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 16-21.
Pathollah, A. G., & Hosaini, H. (2023). Aktualisasi Panca Kesadaran Santri dalam Moderasi Islam Pendidikan Pesantren. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 7(1), 79-98.
Maktumah, L., Minhaji, M., & Hosaini, H. (2023). Manajemen Konflik: Sebuah Analisis Sosiologis dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 684-699.
Supriadi, S., Hosaini, H., & Sain, Z. H. (2024). Transformation of literacy-based Islamic education learning management integration in elementary schools. International Journal of Social Learning (IJSL), 5(1), 294-304.
Hosaini, H., Qomar, M., Kojin, K., & Sibilana, A. R. (2024). Integration of School Curriculum and Islamic Boarding Schools in Preparing the Golden Generation with holistic intelligence. In SHS Web of Conferences (Vol. 205, p. 03001). EDP Sciences.
Qomar, M., & Badruzaman, A. (2024). Optimizing Learning Design for Islamic Religious Education in Islamic Boarding Schools: Efforts to Increase the Intelligence and Academic Quality of Students. Attanwir: Jurnal Keislaman dan Pendidikan, 15(2), 152-165.
Hosaini, H., Qomar, M., & Kojin, K. (2024, October). Entrepreneurship Learning Design Based on Tasawuf: Islamic Boarding School Innovation in The Digital Era. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (Vol. 8, No. 1, pp. 144-156).
 
						











